Pengaruh Media Sosial dan Kualitas SDM Terhadap Volume Penjualan Selama Pandemi Covid-19 pada Kelurahan Antang Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.61578/honai.vol2.no2.art1Keywords:
Teknologi, Media Sosial, SDM, PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi social media dan kualitas SDM terhadap volume penjualan UMKM selama pandemic covid-19 pada Kelurahan Antang Kota Makassar. Penentuan sampel penelitian menggunakan Teknik sampling convenience sampling yaitu salah satu teknik pengambilan sampel didasarkan pada ketersedian elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Sampel diambil/terpilih karena sampel tersebut ada pada tempat dan waktu yang tepat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode survei dengan kuesioner. Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang disusun secara sistematis untuk dibagikan kepada responden. Selain itu, peneliti juga melakukan studi pustaka beberapa literatur yang berkaitan dengan topik penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis regresi linier berganda, uji t-test dan koefisien determinasi dengan bantuan program spss. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa secara parsial teknologi media sosial dan kualitas SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan UMKM. Berdasarkan koefisien determinasi yang diperoleh dari hasil analisis data diketahui bahwa teknologi media sosial dan kualitas SDM bersama-sama memiliki efek 0,161atau 16,1 persen pada volume penjualan UMKM.