Upaya Guru SDT Nurul Hidayah dalam Memberikan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Terhadap Peserta Didiknya

Authors

  • Kaharuddin Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena Author
  • St.Aminah Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena Author

DOI:

https://doi.org/10.61578/honai.vol1.no1.art2

Keywords:

Al-Qur'an, Membaca, Guru, Metode, Iqra

Abstract

Salah satu prioritas SDT Nurul Hidayah dalam mengintegrasikan Kurikulum Pendidikan Nasional adalah bagaimana setiap anak yang lulus di sekolah ini mampu membaca dan menghafal Al-Qur'an minimal 1 juz. Menghafal Al-Qur'an tentu sulit diwujudkan jika anak belum bisa membaca Al-Qur'an. Sulitnya mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anak adalah hal yang lumrah. Di antara kesulitan anak-anak dalam membaca Al-Qur'an adalah membaca ayat-ayat yang panjang. Kesulitannya karena ilmu tajwid belum diajarkan di tingkat dasar. Oleh karena itu, pendidik khususnya guru PAI harus menggunakan berbagai strategi dalam berbagai cara yang tepat, efektif, ketika membimbing cara membaca Al-Qur'an. Strategi digunakan sebagai upaya untuk mencapai tujuan, termasuk metode pengajaran. Metode ini merupakan cara untuk menerapkan dan melaksanakan daftar rencana pelajaran yang akan ditransfer kepada siswa. Penelitian ini untuk mengetahui secara jelas dan pasti bagaimana upaya guru SDT Nurul Hidayah dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur'an kepada siswanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif-analitik. Setelah mengumpulkan data dari berbagai sumber, penulis menemukan bahwa upaya guru SDT Nurul Hidayah dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur'an kepada peserta adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai, kerjasama yang baik antar guru SDT Nurul Hidayah, menentukan materi, menentukan metode, memberikan dorongan. siswa untuk belajar, mengadakan rapat evaluasi, dan menghafal surat-surat pendek.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-26

Issue

Section

Articles